Perawatan Luka Diabetes Yang Baik dan Benar

Perawatan Luka Diabetes Yang Baik dan Benar - Akudiabetes.com,- Karena diabetes tidak bisa disembuhkan secara instan meskipun dengan peralatan tercanggih zaman sekarang sekalipun, maka penderita dan keluarga pasien harus melakukan perawatan yang rutin. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah terapi khusus atau di rumah sendiri. Banyak orang yang tidak mengetahuinya, padahal perawatan pada luka diabetes ini sangatlah muda namun tetap harus berhati-hati agar abses atau nanah tidak berceceran pada bagian tubuh yang sehat dan infeksinya tidak menyebar luas, karena jika sampai menyebar dapat menyebabkan komplikasi dan memperparah keadaan.

perawatan luka diabetes

Perawatan Luka Diabetes Bisa Dilakukan Dirumah

Biasanya luka yang sering terjadi pada bagian kaki. Alasannya adalah karena pada bagian kaki ini supply nutrisi sangat kecil sebab bagian kaki merupakan bagian terjauh dari pusat sistem tubuh pengolah kadar gula dan hormon (ginjal). Saking jauhnya saraf-saraf ini bukan hanya tidak optimal mengedarkan nutrisi namun bisa juga melemah dan bahkan bisa pecah dan mati. Ketika bagian ini mati, maka dapat dipastikan akan membusuk dan busukannya ini sangat di sukai oleh bacteria yang kemudian menginfeksi bagian tubuh lain yang sehat. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan perawatan ini sedini mungkin agar dapat meminimalisir resikoyang timbul, berijut cara-caranya.

  1. Tambahkan Anti septik kedalam air. Air yang berisi antiseptik tentu lebih ampuh ketimbang air biasa, terutama jika air yang digunakannya adalah air hangat.
  2. Cucilah kaki dengan air hangat. Menggunakan air hangat untuk mencuci kaki dapat membersihkan kuman dari area sekitar luka, sehingga bagian kaki yang sehat tidak mudah terinfeksi kuman.
  3. Menggunakan Cairan infuse NaCl atau air rebusan daun jambu biji. Jika lukanya sangat besar dan mendapati abuse atau nanah yang banyak biasanya dokter mewajibkan untuk mencuci dengan cairan seperti ini, selain cairan ini mengandung obat juga untuk menghilangkan bau amis atau hanyir pada luka
  4. Setelah kaki di cuci, tutuplah menggunakan kain kassa yang bersih. Jangan membiarkan menganga sebab nanti nanah bisa meluber pada bagian kaki yang sehat. Setelah kaki di tempel kain kassa balutlah dengan plester agar balutan tersebut tidak lepas, jika kita memiliki kaus kaki, pakailah kaus kaki, dan usahakan kaus kaki ini diganti tiap 2x sehari atau setiap kaki di bersihkan. Dan kaus kaki ketika mencuci rendam dulu dengan air panas, untuk membunuh kuman atau bakteri.
  5. Setelah mencuci dan membersihkan bagian luka ini. Cucilah tangan anda menggunakan sabun antiseptik, agar tangan anda bersih, terutama jika anda mau makan.
  6. Jika lukanya tidak kunjung sembuh, malah menghitam dan membesar segeralah periksa kembali ke dokter anda. Biasanya hal ini sudah tidak ada kesempatan sembuh dan biasanya dokter menganjurkan amputansi.

Perlu diingat bahwa, perawatan ini hanya dilakukan jika luka masih ringan, jika lukanya parah dan tidak sembuh juga, anda sebaiknya mengikuti instruksi dokter. Disamping pengobatan anda sebaiknya terus berdo’a kepada Alloh S.W.T, pasti Alloh akan mengabulkan setiap do’a anda.