Penyebab Luka Diabetes Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Luka Diabetes - Akudiabetes.com,- Data pada tahun 2017 di dunia penderita diabetes mencapai 382jt. Kebanyakan dari mereka adalah yang memiliki gaya hidup kurang sehat, kurang berolahraga, dan asupan makanan yang buruk. Diabetes penyebab utamanya adalah karena kadar gula yang rendah, dan rusaknya insulin dalam tubuh manusia. ada tiga jenis diabetes yaitu diabetes melitus, Diabetes Inspidus dan Diabetes Inspidus Nefrogenik. Luka yang terjadi biasanya akibat diabetes mellitus. Sebab bagian tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi hormon insulin sehingga menjadi pecah, dan pecahannya menimbulkan infeksi yang sulit untuk sembuh.

penyebab luka diabetes

Penyebab Luka Diabetes 

Penyebab Proses terjadinya luka diabetes adalah sebagai berikut. Awalnya tubuh baik-baik saja. Ketika tubuh tidak bisa memproduksi dan atau insulin yang di hasilkan tidak bekerja dengan baik maka tubuh akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga keseimbangan kadar gula dalam darah dengan sel dalam tubuh yang lain tidak seimbang, akhirnya pada darah terjadi penyumbatan dan pada sel tubuh lainnya terjadi malnutrisi atau kekurangan kadar gula darah.

Dengan adanya penyumbatan pada saluran darah (akibat kadar gula darah yang tinggi) maka fungsi organ lain terganggu terutama yang fungsi kerjanya berkaitan langsung dengan peredaran darah seperti ginjal, jantung, urat-urat saraf terutama hipotalamus. Dari komplikasi ini maka akan menyebabkan luka, kebanyakan pasien luka awal adalah pada kaki. Sebab kaki merupakan organ yang jauh dari sistem tubuh sehingga supply nutrisi paling sedikit yang akhirnya organ kaki tidak bisa membuat antibodi untuk menangis serangan.

Bagian pada kaki biasanya pada telapak kaki dan atau pinggir kaki, khususnya yang banyak gesekan dan tekanan. Ketika terjadinya gesekan atau tekanan bagian kaki akan mengalami iritasi, dari iritasi ini akan menjadi infeksi sebab luka yang timbul tidak bisa segera kering terutama pada diabetes basah. Jika tidak ditangani dengan cepat bisa menyebar kebagian ujung kaki, pergelangan kaki dan bahkan bisa sampai betis, yang akhirnya dokter menyarankan untuk mengamputasi kaki bagian bawah lutut.

Berjalan di atas krikil tanpa menggunakan alas kaki sangat berbahaya bagi penderita penyakit diabetes, sebab akan menimbulkan trauma dan luka. Organ tubuh penderita diabetes sangat sensitif, bahkan bisa luka hanya karena sentuhan kuku yang panjang.

Kebiasaan buruk pasien diabetes ini adalah mereka tidak sigap dalam mengobati luka. Mereka kebanyakan datang kedokter sudah dalam kondisi yang buruk. Mereka tidak melakukan perawatan bahkan mengkonsumsi obat alami atau herbalpun tidak. Ini benar-benar buruk sebab tidak akan bisa sembuh dengan cepat.

Pencegahan dan Perawatan Luka diabetes. Diantara pencegahan dan perwatan yang bisa anda lakukan adalah dengan mengenali luka yang tidak biasa pada bagian tubuh anda khususnya kaki, terutama jika sebelumnya sering kesemutan dan mati rasa, segeralah potong kuku anda sependek mungkin tapi jangan sampai menimbulkan luka. Perhatikan juga jika ada bercak merah, jika kaki anda ada pecah-pecah dan kapalan maka segera lakukan perawatan yang ekstra, sebab kemungkinan besar kuman bisa berkembangbiak diarea sana. Dan terakhir truslah rawat kaki anda dengan baik, sesekali bilas dengan air garam yang hangat. Dan jangan tunggu sampai parah, segeralah lakukan pengobatan baik alami maupun generik.