Pantangan Penderita Diabetes Yang Harus Dihindari

Pantangan Penderita Diabetes Yang Harus Dihindari - Akudiabetes.com,- Sudah semestinya penderita Diabetes memperhatikan kesehatannya, terutama dari asupan nutrisi dan pantangan-pantangan yang dapat memperparah kondisi tubuh. Diabetes erat kaitannya dengan makanan. Tidak semua makanan sehat untuk tubuh ada pula makanan  yang bisa memperburuk keadaan penderita penyakit Diabetes seperti misalnya nasi, meskipun nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia, namun ternyata pada nasi kandungan gulanya sangat tinggi sehingga menjadi makanan no 1 yang di sarankan dokter untuk di hindari. Selain itu ada beberapa pantangan lainnya yang akan admin paparkan.

pantangan penderita diabetes

Pantangan Penderita Diabetes

  1. Tubuh memang memerlukan karbohidrat sebagai bahan untuk energi, namun hindarilah bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi seperti nasi putih, kentang goreng, roti putih yang terbuat dari tepung beras dan hindari pula sereal yang sangat banyak mengandung gula. Jika ingin makan sereal cari yang gulanya rendah namun seratnya tinggi.
  2. Protein sangat sulit sekali dicerna oleh tubuh, akhirnya akan menimbulkan zat toksik yang menumpuk dan memperparah sumbatan dalam darah. Protein banyak ditemukan pada daging yang di goreng, terutama daging hewan berkaki empat. Keju, ikan goreng, unggas, dan tahu goreng. Untuk mengisi kebutuhan protein dalam tubuh, pasien Diabetes bisa mendapatkan protein sehat yang bersumber dari daging dada ayam tanpa kulit, daging ayam yang di masaknya di rebus, tahu kukus, ikang panggang, kacang-kacangan dan telur. Admin lebih menyarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan.
  3. Susu dan Semua Produk yang mengandung Susu. Terutama susu buatan harus dihindari sebab sangat banyak mengandung gula. Produk berbahaya yang terbuat dari susu yang juga harus dihindari adalah es krim, yoghurt, susu full cream, keju. Alternatifnya penderita Diabetes bisa mengkonsumsi produk susu seperti yoghurt rendah lemak, keju rendah lemak dan susu alami.
  4. Minuman dan Buah-buahan yang banyak mengandung karbohidrat dan memiliki kadar lemak tinggi. Selain itu minuman kemasan yang mengandung pemanis rasa, buah kalengan, jus buah yang di campur gula, sirup gula perlu di hindari. Terutama yang menganduk alkohol banyak seperti anggur, durian dan nanas. Minuman tradisional seperti teh manis, kopi, minuman bersoda, dan penambah stamina (energy drink) juga harus dihindari, sebab semuanya mengandung kadar gula yang tinggi.
  5. Tidak semua sayuran menjadi pantangan, hanya saja hindari makan sayuran yang ditambah saus, keju, mentega dan di jus dengan di tambah gula atau pemanis rasa lainnya. Dan hindari sayuran yang sudah dijadikan acar. Sebagai alternatifnya pilihlah sayuran hijau yang masih segar dengan di masak secara di kukus atau di panggang.
  6. Pada bagian tubuh yang luka usahakan jangan banyak di gerakin dan jangan biarkan kuku tangan atau kaki panjang untuk menghindari garukan ketika dalam kondisi tidak sadar (ketika tidur).

Hati-Hati jika bandel dalam melakukan pantangan diatas, sebab dapat memperparah keadaan. Nantinya bukan hanya kaki saja tapi bisa keseluruh tubuh terinfeksi kuman. Lebih berbahaya jika kerusakan sudah terjadi pada bagian saraf organ dalam seperti pencernaan, karena dapat menyebabkan komplikasi seperti diare, sembelit dan disfungsi ereksi.