Luka Diabetes Basah dan Tips Cara Perawatannya

Luka Diabetes Basah dan Tips Perawatannya - Akudiabetes.com,- Penyakit Luka Diabetes Basah ini merupakan salah satu efek diabetes. Luka pada diabetes basah berbeda dengan Luka pada Diabetes Kering. Pada diabetes basah lukanya sangat sulit untuk menutup, hal ini disebabkan penderitanya memiliki cadangan gula yang cukup sehingga bakteri mempunyai cadangan makanan yang cukup untuk berkembang biak. Jika hal ini dibiarkan dapat membuat luka semakin parah, bahkan buruknya bisa membusuk dan berakibat di amputasi.

luka diabetes basah

Luka Diabetes Basah

Luka diabetes bisa mengakibatkan rasa nyeri yang tiada terkira, rasanya seperti di gigit semut hitam (tataman), selain itu Luka Diabetes basah juga pada malam hari biasanya terasa gatal, jika digaruk akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi dan luka akan semakin membesar. Lalu bagaimana cara untuk melakukan perawatannya,berikut admin kasih tip-tipsnya.

Membasuh secara rutin Luka Diabetes Basah menggunakan air infus atau kalau tidak ada menggunakan cairan antiseptik, hal ini dibutuhkan untuk membunuh kuman atau bakteri yang terdapat pada luka tadi. Lakukan pembersihan ini setiap 5x sehari. Anda juga bisa menggunakan ramuan atau air rebusan dari obat tradisional seperti mahkota dewa, kemangi, brotowali, buncis, kunyit, daun sirih, dan lain sebagainya. Setelah luka tadi di bersihkan kemudian keringkan sampai benar-benar kering.

Keringkan dan Balutlah dengan rapi. Sebelum di balut menggunakan kain kassa dan plester. Pastikan lukanya sudah benar-benar kering. Karena jika tidak kering, maka akan membasahi kain penutup, jika kain penutup ini basah maka bakteri akan berpindah ke tempat yang lain yang masih sehat. Oleh sebab itu pastikan sudah benar-benar kering. Ketika akan menutup dan membalut usahakan jangan terlalu kencang jangan pula terlalu longgar sebab itu dapat membuat iritasi.

Mengeringkan luka dengan habbatusauda. Obat tradisional ini sangat mujarab untuk menghilangkan rasa nyeri, kuman dan rasa gatal. Kompresslah setiap sore hari menjelang tidur untuk hasil maksimal, selain itu anda juga bisa mengkonsumsinya untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Agar supaya luka cepat kering dan sembuh.

Untuk menghilangkan bau yang anyir, anda bisa menggunakan rebusan jahe, sirih atau daun kemangi. Bau busuk yang keluar dari luka anda akan membuat orang lain merasa jijik dan terganggu, terutama ketika mau makan.

Lendir siput. Banyak pengobatan yang dibantu oleh hewan-hewan salah satunya adalah lendir siput. Tidak ada salahnya ana mencoba untuk melakukan perawatan ini agar Luka Diabetes Basah anda cepat sembuh.

Luka Diabetes Basah berpotensi amputasi. Jangan anggap sepele luka anda, pada awalnya mungkin kecil, tapi ketika tidak dirawat dengan benar akan mengakibatkan luka membesar dan semakin parah. Bahkan pada banyak kasus dilakukan dengan pemotongan organ yang sudah busuk tersebut (amputasi). Untu itu sedini mungkin jagalah kaki anda agar saraf dan pembuluh darah tetap sehat. Sekian artikel tentang Luka Diabetes Basah ini semoga bermanfaat.