Gula Darah Rendah - Gejala dan Perawatannya

Gula Darah Rendah atau Hipoglikemia - Akudiabetes.com,- Kondisi Gula Darah Rendah pada dunia medis dikenal dengan istilah hipoglikemia, yaitu suatu gangguan kesehatan tubuh manusia yang diakibatkan oleh rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. Ketika makan, zat gula yang terkandung dalam makan tersebut akan diserap oleh tubuh untuk kemudian dijadikan energi oleh sel-sel seluruh tubuh. Pada kasus ini, sel gula yang seharusnya normal diserap oleh tubuh tidak bisa di serap dengan baik, bisa karena hormon insulin yang kurang bekerja dalam membuka pintu sel atau karena faktor lainnya.

gula darah rendah

Gula Darah Renda Gejala dan Perawatannya

Gejala dan Tanda-tanda Gula rendah (Hipgklikemia). Jika kadar insulin tinggi, otomatis kadar gula rendah. Rendahnya gula darah ini disebut  hipoglikemia. Jika gula darah rendah makan tubuh tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan otak sekalipun. Jika sudah begini maka tubuh akan memperlihatkan Gejala yang timbul akibat gula randah, gejalanya adalah sebagai berikut:

Merasa cepat lelah yang abnormal. Merasa pusing, biasanya pusing ini akan anda alami ketika mau bediri habis duduk, bahkan ketika berjalan sekalipun. Wajah menjadi pucat, pucatnya wajah ini karena kelelahan dan menahan rasa pusing. Bibir kesemutan, gejala yang paling unik adalah bibir kesemutan, biasanya kesemutan itu kaki dan tangan, ini bibi juga kesemutan. Gemeteran, berkeringat berlebihan terutama ketika sedang tidur. Merasa lapar dan haus yang tidak normal, jantung berdebar secara cepat, sulit konstentrasi dan mudah sekali untuk marah.

Tingkat keparahan pasien akan sangat terlihat jika sudah mengalami rasa mengantuk sepanjang hari dalam waktu yang lama sampai satu minggu bahkan satu bulan. Penglihatan menajadi berkurang bahkan kabur, pada sebagian kasus bahkan bisa sampai katarak. Gerakan tubuh seperti orang mabuk, dan biasanya tubuh bergerak sendiri. Tubuh mengalami kejang-kejang dan seringkali kehilangan kesadaran.

Diagnosis Gula Darah Rendah.  Jaman modern ini sudah tersedia alat yang mudah untuk digunakan dan tersedia di apotik. Kita dapat menggunakannya secara bebas dimana saja dan kapan saja. Kadar gula normal adalah 72- 108 mg/Dl Tergantung keadaan atau aktivitas kitanya. Pada saat setelah makan biasanya mencapai 140 mg/dl. Untuk penderita Gula Darah Rendah, biasanya berada di bawah 70 mg/dl

Perawatan dan Pencegahan. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung kadar gula tinggi seperti jus buah, permen, minuman ringan, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat dengan cepat diubah menjadi gula oleh tubuh, seperti roti lapis, sereal dan biskuit. Biasanya untuk membuat kadar gula darah menjadi tinggi diperlukan waktu 30 menitan. Jika sudah 30 menit masih rendah lakukan secara berulang.

Apabila kondisi tidak juga membaik, segeralah periksa kedokter, biasanya dokter akan langsung memberikan suntikan glikogen atau cairan infus yang mengandung glukosa. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kadar gula secara instan. Perawatan lanjut mungkin akan dilakukan oleh dokter seperti memerika fungsi organ hati, ginjal, pankrean dan kelenjar adrenal.