Gula Darah Normal dan Tips Cara Mempertahankan Kadar Gula

Gula Darah Normal dan Tips Menjaganya - Akudiabetes.com,- Sangat penting bagi tubuh untuk memiliki kadar gula normal. Jika kadar gula dalam darah renda dan ataupun tinggi maka akan menyebabkan tubuh mengalami kesakitan, salah satunya adalah diabetes. Selain itu dengan gula darah yang normal akan membuat kinerja tubuh menjadi baik, dan dapat menunjang aktifitas sehari-hari lainnya tanpa hambatan.

gula darah normal

Gula Darah Normal dan Cara Mempertahankannya

Berapa kisaran kadar jumlah gula darah yang normal ?. Kadar gula darah sebenarnya tidak ada patokan seperti detak jantung. Kadar gula darah bisa berubah tiap waktu sesuai dengan kondisi tubuh, baik itu ketika sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah tidur. Namun ada kisaran yang bisa kita perhatikan. Berikut angkanya:

  1. Sebelum makan 70-130 mg/dL
  2. Dua jam setelah makan -180 (kurang dari 180) mg/Dl
  3. Selama puasa (tidak makan selama kurang lebih 8 jam) 100 mg/Dl
  4. Ketika mau tidur 100-140 mg/Dl

Cara mempertahankan kadar gula darah agar tetap dalam keadaan normal. Menyeimbangkan kadar gula ini sangat penting, jika gula darah kurang (hipoglikemia) dan atau tinggi  akan menyebabkan (hiperglikemia) maka akan menyebabkan beberapa implikasi penyakit lainnya. Untuk menghindari hal diatas berikut caranya:

Olahraga secara rutin. Waktu yang dibutuhkan perharinya adalah 2,5 jam perminggu. Dengan olahraga rutin dapat menstabilkan gula darah. Olahraga yang baik itu bisa dengan cara melatih kekuatan otot-otot tubuh. Mengapa otot yang harus banyak digerakan ? sebab sebagian besar gula itu distribusinya kepada otot. otot juga menjadi tempat yang paling banyak menyimpan gula. Otot di dunia medis artinya daging.

Perhatikan asupan makanan anda. Ada berbagai jenis makanan yang menjadi pantangan dan anjuran bagi penderita diabetes. Anda sebaiknya hanya mengkonsumsi makanan yang dianjurkan saja, agar efek sampingnya rendah. Jenis makanan yang baik untuk anda konsumsi adalah ubi, biji-bijian utuh, pasta, nasi merah, kacang-kacangan, almond, dada ayam tanpa kulit dan dengan di masak bukan di goreng, brokoli, kayu manis dan bayam.

Makan tepat waktu. Jangan pernah melewatkan makan, terutama jika akan melakukan aktifitas yang berat seperti kerja lapangan. Jika waktu makan anda tidak tepat, anda akan makan dalam keadaan lapar, hal itu sangat buruk, karena anda bisa makan dengan porsi besar dan tanpa anda sadari. Waktu makan yang tepat adalah tiga kali sehari, ditambah dua kali cemilan bernutrisi, di sela-sela jam makan. Hal ini dapat membantu menormalkan kadar gula. Dan yang terakhir hindari stress dan makanan yang banyak mengandung pemanis (junk food & instan food)

Untuk hasil yang optimal, anda bisa melakukan test gula darah secara rutin di rumah sakit atau kelinik, dan namun admin menyarankan anda membeli alat tes gula darah sendiri, selain harganya lebih ekonomis, karena bisa digunakan ramai-ramai satu keluarga, juga bisa dilakukan kapanpun secara bebas. Cara ini lebih praktis, ketimbang datang ke dokter.