Gejala Luka Diabetes dan Penyebabnya Waspadalah

Gejala Luka Diabetes dan Penyebabnya- Akudiabetes.com,- Luka yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes memang tidak boleh dianggap sepele apalagi jika jenis diabetes basah. Sebab luka yang menganga sulit untuk sembuh, selain itu area luka mudah terinfeksi dan bisa menyerang bagian yang lainnya. Aroma bau juga bisa keluar terutama jika pada pasien yang sudah menderita luka diabetes cukup lama.

gejala luka diabetes

Gejala Luka Diabetes dan Penyebabnya Waspadalah

Selain merasa sakit, bau dari luka tersebut juga bisa menggangu orang sekitar karena bau dan bentuknya yang menjijikan. Banyak orang tidak tahu cara membedakan luka akibat diabetes dengan luka biasa sehingga mereka menyepelekannya dan baru sadar ketika luka sudah kronis sehingga langkah pengobatan hanyalah amputasi agar luka tidak membusuk ke area sehat lainnya. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui ciri-ciri umum dan khas berikut ini :

  1. Gejala luka diabetes yang pertama, Sering Mengalami kesemutan. Gejala awal biasanya kaki sering mengalami kesemutan, kesemutan yang ditimbulkan berbeda dengan kesemutan akibat peredaran terganggu. Biasanya kesemutan akibat diabetes cukup sering dan sulit untuk hilang. Jika kondisinya parah maka kesemutan akan disertai dengan mati rasa
  2. Gejala luka diabetes yang kedua, Mengalami Mati Rasa. Setelah kesemutan, biasanya bagian tubuh khususnya kaki akan mati rasa. Artinya tidak merasakan sakit jika dicubit, tidak merasakan panas ataupun dingin. Sarafnya benar-benar rusak.
  3. Gejala luka diabetes yang ketiga, Muncul Luka. Luka yang muncul bisa diakibatkan hal sepele seperti bekas garukan akibat di gigit nyamuk atau akibat garuk karena gatal biasa, ada juga seperti bekas kuman. Bedanya luka ini tidak cepat kering, yang ada malah semakin parah. Biasanya muncul pada bagian kaki.
  4. Gejala luka diabetes yang yang keempat. Banyak Bakteri. Luka akibat diabetes jika dilakukan pengetestan di laboratorium oleh dokter maka akan mendapatkan hasil yang mencengangkan, yaitu jumlah bakteri permilimeternya sangat banyak, lebih banyak dari tempat biasa, bahkan lebih banyak dari pada gelly tempat perkembang biakan bakteri. Ini faktor utama mengapa luka diabetes sulit kering dan sembuh.
  5. Gejala luka diabetes yang kelima. Bernanah atau Abses. Ketika luka membesar, biasanya ada abses atu nanah yang diakibatkan oleh perkembangbiakannya bakteri yang banyak tadi. Jika tidak segera di tangani maka akan menyebar kebagian yang sehat lainnya
  6. Gejala luka diabetes yang keenam, Daging Mengalami Pembusukan. Luka yang bernanah jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan pembusukan dan menimbulkan area bau yang menyengat seperti bau bangkai.
  7. Gejala luka diabetes yang ketujuh. Syaraf Kaki menjadi Rusak. Cirinya adalah dengan mati rasa dan sulit untuk digerakan.
  8. Gejala luka diabetes yang kedelapan. Suli Mengering dan Sulit Hilang. Jika tidak memakai obat dengan resep dokter yang benar maka akan sulit sembuh, terutama jika tidak memakai obat untuk membunuh bakteri yang membuat organ area luka terus menganga.
  9. Gejala luka diabetes yang terakhir. Terdapat perubahan fisik pada area luka diabetes. Seperti warna kulit dan terus berair. Warna kulit biasanya berubah menjadi kebiruan atau menghitam. Awalnya hanya berubah menjadi biru seperti memar yang di akibatkan oleh matinya sebagian pigmen kulit. Jika hal ini lebih parah maka akan menyebabkan kulit menjadi hitam, hal ini akibat pigmen kulit sudah mati semua dan siap untuk menjadi busuk.

Penyebab Luka diabetes. Luka diabetes ini disebabkan oleh adanya gangguan insulin, kurangnya produksi insulin, neurphaty, kadar gula dalam darah menumpuk vasculophaty, dan immunipathy.