Gejala Gula Darah Tinggi dan Cara Pencegahnnya

Gejala Gula Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai - Akudiabetes.com,- Gula Darah Tinggi di dunia medis lebih dikenal dengan istilah hiperglikemia. Yaitu kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh melebihi batas normal. Kondisi ini sering dialami oleh para penderita penyakit diabetes. Baik diabetes melitus, diabetes inspidus, dan Diabetes Inspidus Nefrogenik. Karena kondisi ini sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus, maka kita perlu mengenali gejala-gejala yang biasa timbul, untuk kemudian melakukan beberapa cara perawatan dan pencegahan sedini mungkin.

gejala gula darah tinggi

Gejala Gula Darah Tinggi Waspadalah

Gejala Gula Darah Tinggi. Meningkatnya kadar gula darah akan mempengaruhi kerja sistem tubuh, maka dengan itu akan menampakan beberapa gejala yang bisa kita amati dan cermati. Diantara gejala yang timbul adalah:

Terjadi penurunan berat badan secara drastis. Penurunan berat badan ini disebabkan oleh kurangnya asupan makanan kedalam sel (padahal makan banyak)  dan tingginya frekuensi buang air kecil. meskipun berat badan menurun bukan berarti disebabkan nafsu makan berkurang. Justru sebaliknya nafsu makan bertambah tetapi berat badan menurun. Hal ini terjadi karena malfungsi beberapa organ tubuh.

Sering merasa haus dan mulut menjadi kering. Keringnya mulut disebabkan oleh dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh akibat frekuensi buang air kecil yang tinggi, mencapai 20 kali dalams sehari. Meskipun terus minum tetapi rasa haus akan terus ada, karena air yang kita minum akan cepat dikeluarkan kembali melalui air kencing terutama ketika malam, bahkan ketika tidur pasien penderita Gejala Gula Darah Tinggi bisa mengompol layaknya bayi.

Gejala gula darah tinggi biasanya Kulit menjadi kering dan terasa gatal. Rasa gatal ini terjadi akibat tersumbatnya peredaran darah, sehingga kulit menjadi kekurangan nutrisi, bahkan lebih parahnya kulit mengkonsumsi unsur dalam tubuh yang tidak seharusnya (zat toksik). Kekurangan asupan nutrisi inipun membuat kulit menjadi kering kusam.

Gejala gula darah tinggi selanjutnya adalah Mudah merasa ngantuk dan cepat lelah. Kondisi ini diakibatkan oleh kurangnya sumber energi dalam tubuh. Rasa mengantuk dan lelah merupakan cara tubuh untuk menyeimbangkan pengeluaran energi, yaitu dengan menghemat pembakaran sumber daya yang masih ada. Dan gejala yang terakhir adalah penglihatan menjadi kabur bahkan pada sebagian kasus matanya terserang katarak dan harus segera di operasi.

Gejala gula darah tinggi diatas ternyata dapat memburuk jika tidak segera dilakukan pencegahan dan perawatan. Cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan mengatur pola makan agar lebih sehat. Dan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi alpukat, bawang putih, kayu manis, kacang-kacangan, buncis, kenari, almodn, mete, dan buah ceri. Perlu di ingat, jangan sampai kita makan makana  diatas dengan bahan campuran yang banyak mengandung gula seperti susu, coklat, dan keju.

Bagi para penderita diabetes tipe-2 atau pradiabetes, bisa mengkonsumsi apel dan campuran air cuka sebelum makan. Selain itu air kopi juga bisa menurunkan gula darah, tapi ingat kopi yang tidak memakai gula. Semoga bermanfaat.