Diet Penderita Diabetes Agar Tetap Sehat

Diet Penderita Diabetes - Akudiabetes.com,- Jika anda didiagnosis diabetes anda tidak perlu takut dan berfikir bahwa hidup anda telah berakhir. Anda tetap bisa menikmati hidup normal lainnya, solusinya adalah dengan melakukan diet. Cara ini sangat baik untuk mengatur kebutuhan gula dalam darah anda, agar tidak terlalu tinggi kadarnya sehingga diabetes anda tidak berlanjut pada stadium yang lebih buruk.

diet penderita diabetes

Diet Penderita Diabetes Tips Yang Harus Dilakukan

Diet penderita diabetes berbeda dengan diet biasa yang di gunakan untuk menurunkan berat badan bagi wanita. Naum Pola makan khusus gula darah atau diet diabetes ini berfokus pada pengontrolan gula darah (glukosa). Sebelum melakukan diet alangkah baiknya anda konsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika melakukan diet penderita diabetes memang sedikit menyiksa. Karena tidak semua bisa di makan. Diet inipun sebaiknya dilakukan oleh anda yang masih sehat, guna menghindari terserangnya diabetes pada usia tua nanti.

Pola dan Tata Cara Diet Penderita Diabetes. Caranya sangatlah mudah, anda hanya harus fokus kepada apa yang anda makan. Makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk anda konsumsi, untuk pola sendiri tidak ada cara khusus, secara umum sama dengan pola makan sehat lainnya seperti makanan yang mengandung nutrisi tinggi, rendah lemak, rendah kalori (secukupnya). Selain itu hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih, daging berkaki empat dan kulit unggas.

Jenis-jenis Makanan yang harus di batasi. makanan seperti nasi putih, soda, pasta, makanan kaleng dan atau yang mengandung pengawet dan pemanis makanan, alkohol, rokok, makanan ringan, daging sapi, kambing, dan unggas. Terutama jika cara masaknya di goreng. Selain makanan tersebut, makanan yang dianggap sehat seperti susu, yoghurt, tahu juga harus dihindari, sebab susu (kecuali susu murni) banyak mengandung gula. Namun bukan berarti tidak makan gula sama sekali, gula juga cukup penting, namun kadarnya yang harus di atur.

Macam-macam makanan yang sehat dan dianjurkan ketika diet penderita diabetes adalah makanan yang mengandung lemak rendah, hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Lemak yang sehat terdapat pada tumbuhan, ikan salmon, kacang-kacangan, kedelai, susu kedelai, lemak omega-3, ikan tuna, dan biji bunga matahari, makanan ini sangat baik untuk metabolisme dan menjaga kesehatan jantung maupun otak.

Tips Diet penderita diabetes. Anda harus memperhatikan tips berikut agar diet anda berjalan dengan lancar. Pertama jangan melewatkan sarapan pagi, setiap hari usahakan makan pagi, terutama jika mau beraktifitas, kedua makan telur dengan porsi secukupnya. Perhatikan juga dalam cara memasaknya di rebus merupakan cara yang terbaik, tidak disarankan untuk di goreng. Jagalah asupan kalori agar badan anda tetap mempunyai energi untuk bergerak, ketiga terus bergantilah tiap minggu sekali dan buat catatan. Usahakan sering makan sayuran, serat sayuran sangat baik untuk membersihkan zat toksik dalam tubuh. Catatan sangat penting, dokter akan sangat terbantu dengan catatan ini, anda rutin catatlah semua apa yang anda makan tiap harinya. Percayalah catatan ini akan sangat anda butuhkan. Sekian semoga bermanfaat.