Diabetes Melitus Jenis-jenis dan Gejalanya

Diabetes Melitus - Akudiabetes.com,- Penyakit Diabetes Melitus atau yang lebih dikenal dengan istilah Penyakit Kencing Manis adalah penyakit jangka panjang (kronis) yang diakibatkan oleh adanya gangguan metabolik / metabolisme dalam tubuh khsusunya pada bagian pankreas yang tidak bisa memproduksi insulin dengan normal, sehingga kadar gula dalam darah (glukosa) menjadi abnormal (tinggi) tidak sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh tubuh.

diabetes melitus

Diabetes Melitus Jenis dan Gejalanya

Jenis Diabetes Melitus. Ada dua jenis pada penyakit ini diantara nya jenis tipe 1 dan tipe 2, perbedaanya adalah jika pada DM tipe 1 pankreas tidak bisa mengeluarkan insulin, hal ini disebabkan oleh reaksi autoimun akibat dari adanya serangan terhadap antibodi sel beta pankreas. Akibatnya kadar glukosa menjadi tinggi

Jika pada Diabetes Melitus Tipe 2, pankreas menghasilkan insulin, namun insulin yang dihasilkan tidak mampu bekerja dengan baik, kurang berfungsinya insulin ini bisa diakibatkan oleh adanya kelemahan atau tidak pekanya reseptor pada insulin ataupun terjadi perubahan struktur insulin, akibat dari adanya gejala ini maka glukosa yang berhasil masuk hanya sedikit.

Akibat dari kedua gejala tadi maka glukosa pada sel akan berkurang dan sisanya akan menumpuk pada darah. Maka terjadilah dosis peninggian kadar gula dalam darah. Dalam jangka panjang kondisi ini akan mengakibatkan rusaknya pembuluh darah (bahkan bisa sampai pecah) dan bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya. Terlebih lagi jika penderita sering mengkonsumsi obat generik (modern) maka serpihannya akan memperparah penumpukan toksik dalam tubuh.

Gejala-gejala Diabetes Melitus. Ada beberapa gejala yang dapat ditimbulkan, sehingga kita bisa mendeteksinya secara dini. Kelebihan dengan mendeteksi secara dini adalah bisa meminimalisir keparahan penyakit nantinya. Diantara gejalanya adalah:

  1. Rasa haus yang berlebihan. Normalnya manusia minum 8 gelas perhari, namun jika anda sudah minum 20 gelas masih haus perlu waspada, terutama jika tidak sedang beraktifitas.
  2. Merasa lapar. Rasa lapar biasanya diakibatkan oleh padatnya jadwal dan beratnya berfikir, namun jika aktifitas biasa saja namun sudah tiga kali makan masih lapar, waspadalah.
  3. Berat badan menurun. Meskipun anda sudah menuntaskan hajat rasa haus dan rasa lapar yang berlebihan namun berat badan malah menurun, bisa jadi ini gejala Diabetes Melitus
  4. Gatal-gatal. Gatal gatal ini biasanya berbeda dengan alergi, rasa gatal yang timbul lebih pada bagian dalam darah. Hal ini akibat banyaknya darah tidak mengalir dengan baik.
  5. Merasa kesemutan. Kesemutan yang timbul biasanya tidak logis, di dudukan sebentar sudah kesemutan.
  6. Kulit kering dan mata menjadi kabur. Adalah gejala yang umumnya terjadi. Jika ke 6 gejala diatas anda rasakan tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri.

Komplikasi yang timbul akibat tidak segera diatasi adalah penyakit jantung, ginjal, gangguan kulit dan syaraf, bahkan gairah sex pun menurun.

Makanan yang dianjurkan adalah yang banyak mengandung karbohidrat dari sayuran, whole grain, susu yang kadar lemaknya rendah, apel, labu biji, beras merah, sarden salmon, dan ubi jalar. Makanan pantangan untuk Diabetes Melitus nasi, kafein, , mie, kentang, pasta, durian dan nangka.