Diabetes Kering, Penyebab, Gejala dan Pencegahan

Diabetes Kering Penyebab dan Gejalanya - Akudiabetes.com,- Faktor utamanya sama dengan diabetes basah yaitu tingginya kadar gula dalam darah akibat produksi insulin yang buruk, sehingga asupan nutrisi ke bagian tubuh lainnya terhambat. Meskipun biasanya diabetes dialami oleh orang dewasa yang obesitas (kelebihan berat badan) namun tidak menutup kemungkinan anak kecil dan remaja yag badannya kurus juga bisa terserang diabetes, jenis diabetes yang menyerang orang ini namanya diabetes kering. Makanya jangan heran jika Penderita diabetes kering kebanyakan pada usia produktif dan memiliki tubuh kurus kering.

diabetes kering

Diabetes Kering Gejala dan Penyebabnya

Diabetes kering merupakan awal timbulnya diabetes tipe-2. Penyebabnya insulin yang terdapat dalam tubuh rusak, sehingga insulin tidak mampu bekerja untuk mengkonversi gula dalam dalam darah menjadi gula jenis glikogen, karena hal tersebut gula darah meningkat menjadi 150mg/dl. Peningkatan gula darah menghambat peredaran nutrisi dalam darah, sehingga tubuh tidak mendapatkan makanan akhirnya sel tidak berkembang yang mengakibatkan tubuh menjadi kurus dan kering.

Gejala-gejala Diabetes Kering. Tanda yang dapat kita amati adalah penderita Diabetes Kering mudah merasa haus dan lapar, rasa ini merupakan stimulan dari sekujur tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi (glukosa) sehingga otak memprogram /menstimulan rasa haus dan lapar. Gejala lainnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil, mulut dan kulit menjadi kering, ini diakibatkan oleh dehidrasi. Ketika bernafas, mulut mengeluarkan bau seperti buah-buahan, gejala ini diakibatkan oleh pembakaran aseton yang menjadi keton sehingga baunya menyerupai buah-buahan. Penglihatan menjadi kabur, sebab menumpuknya zat gula dalam darah yang menghalangi kinerja organ mata. Terjadi pembengkakan pada kaki, kulit gatal, mudah mengantuk, sakit kepala dan berat badan menurun drastis sembari energi untuk bergerak tidak ada (cepat merasa lelah dan pegal-pegal).

Penyebab lain diabetes kering adalah pola makan yang tidak teratur dan buruk, seperti sering mengemil dan makan makanan junk food, soft drink, dan makanan lain yang mengandung pemanis dan pewarna makanan, terutama waktu makannya adal waktu malam hari. Pada pria kemungkinan besar bisa merupakan faktor keturunan/genetik, kurang istirahat, stress dan mengkonsumsi obat-obatan modern dan warung dalam waktu yang cukup lama.

Pencegahan dan perawatan diabetes kering. Diabetes Kering jika masih ringan ada kemungkinan untuk sembuh namun tidak bagi yang sudah memasuki tahap perawatan, oleh sebab itu kita harus mencegahnya dari awal agar tidak terkena Diabetes Kering, dan untuk yang sudah di diagnosa harus rutin melakukan perawatan agar memperpanjang umur. Berikut cara-caranya:

Pertama mengontrol gula darah, dengan mengetahui berapapersentasi kadar gula dalam darah per dl bisa meningkatkan kewaspadaan kita, jika sudah diketahui dan positif, kita harus langsung merubah pola dan asupan makanan, kurangi makan di waktu mau tidur dan makanan yang mengandung kalori tinggi dan mengandung gula. Berolahraga secara rutin, selain mampu memperlancar peredaran darah, juga mampu untuk menghilangkan stress. Dan yang terakhir adalah hindari merokok.

Bagi anda yang sudah terkena diabetes kering teruslah melakukan perawatan yang dianjurkan dokter seperti terapi insulin, dan selingilah dengan mengkonsumi obat alami. sekian