Diabetes Inspidus Nefrogenik Penyebab dan Gejala

Diabetes Inspidus Nefrogenik - Akudiabetes.com,- Apa itu Diabetes Inspidus Nefrogenik? suatu penyakit yang diakibatkan oleh malfungsinya ginjal. Ginjal pasien tidak dapat memberikan respon yang tepat ke hormon anidiuretik sehingga ginjal memproduksi air kemih encer dalam jumlah yang besar, lebih parahnya ginjal tidak dapat memekatkan air kemih tadi.  Ketika normal, ginjal biasanya mengatur konsentrasi air kemih sesuai dengan keadaan yang tubuh butuhkan. Pengaturan ini sebagi bentuk kerjasama ginjal dengan hormon antidiuretik sehingga dengan otomatis ginjal bisa menahan air dan memekatkan air kemih.  Namun jika ginjal gagal bekerja (malfungsi) maka semua itu tidak berjalan dengan semestinya.

diabetes inspidus nefrogenik

Diabetes Inspidus Nefrogenik Penyebab dan Gejalanya

Macam-macam Diabetes Inspidus Nefrogenik. Penyakit ini memiliki Dua macam yang kedua macam ini dibedakan oleh penyebab mengapa ginjal memproduksi air kemih encer dalam jumlah besar. Yang pertama karena ginjal tidak bisa memberikan respon terhadap hormon antidiuretik sehingga ginjal tidak bisa menahan produksi air kemih yang encer tersebut dan yang kedua akibat kelenjar hipofisa gagal dalam memproduksi hormon antidiuretik.

Faktor Penyebab terjadinya Diabetes Inspidus Nefrogenik.  Ada bebera faktor diantaranya adalah faktor gen atau keturunan. Gen resesif penyebab Diabetes Inspidus Nefrogenik biasanya di bawa oleh kromosom X, maka jangan heran jika hanya pria yang mengalami penyakit ini. Dan bagi wanita yang membawa penyakit ini maka gennya akan di wariskan kepada anak laki-lakinya. Selain itu obat-obatan juga menjadi faktor utama, seperti antibiotik aminoglikosid, demeklosiklin, lithium dan obat antibiotik lainnya.

Gejala-Gejala Diabetes Inspidus Nefrogenik. Kita bisa melihat apakah seseorang terkena penyakit ini dengan melihat tanda-tanda berikut ini, jika penyakit ini dibawa dari lahir (karena faktor gen / keturunan) maka biasanya ketika kecil ia mempunyai frekuensi minum dan kencing yang sering melebihi normal pada usia seharusnya. Selain itu bayi akan mengalami dehidrasi, jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan muntah-muntah, kejang-kejang, lebih parahnya jika tidak segera di obati adalah bisa mengalami kerusakan otak yang menyebabkannya menjadi keterbelakangan mental atau autis. Dehidrasi yang dialami si anak juga bisa berdampak buruk pada perkembangan fisiknya, sebab dehidrasi pada anak-anak dapat menghambat sel primer untuk tumbuh secara sempurna.

Pengobatan Diabetes Inspidus Nefrogenik. Sebelum dokter melakukan pengobatan, hal pertama yang dilakukan adalah dengan memeriksa kadar natrium yang terdapat dalam darah dan air kemih atau urine. Jika pasien dinyatakan positif mengalami Diabetes Inspidus Nefrogenik. Biasanya dokter akan menyarankan pengobatan, pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan untuk mengatasi rasa haus juga agar tidak menyiksa. Selain itu dokter juga akan memebrikan obat untuk membantu ginjal agar bisa merespon hormon antidiuretik dengan baik seperti obat diuretik tazid, hidrochlorothiazhi / HCT. Obat- obatan anti peradangan non steroid seperti indometacin atau tolmetin.

Selain itu perbanyaklah berdo’a kepada Alloh S.W.T, agar keluarga kita di jauhkan dari penyakit Diabetes Inspidus Nefrogenik ini. Sebab sampai sekrang dunia medis belum bisa membuat pasien penderita penyakit ini bisa sembuh seperti semula.