Biaya Amputasi Kaki Luka Diabetes Berapa?

Biaya Amputasi Kaki Luka Diabetes - Akudiabetes.com,- Diabetes merupakan penyakit kronis (jangka panjang), salah satu efek dari diabetes yang sudah parah adalah terdapatnya luka khususnya pada kaki. Luka ini jika masih kecil (ringan) bisa dengan mudah disembuhkan walaupun harus memakan waktu yang cukup lama, namun, jika sudah parah maka harus dilakukan operasi. Berikut Biaya Amputasi Kaki akibat Luka Diabetes yang saya ambil dari salah satu dokter spesialis bernama Dr. Samuel yang bekerja si salah satu perusahaan terbaik di Indonesia.

biaya amputasi kaki diabetes

Biaya Amputasi Kaki Luka Diabetes

  1. Biaya Konsultasi ke Dokter. Untuk biaya konsultasi ini dibagi dua, ada yang pertahun dan ada juga yang tiap kali kunjungan/konsultasi. Untuk tiap tahun kisaran antara 1-2jt, dan untuk sekali konsultasi kepada dokter spesiali penyakit luka diabetes adalah 250-400 ribu, belum termasuk obat.
  2. Obat-obatan. Disamping menjaga asupan makanan dan pola hidup sehat, pasien juga harus ditunjang oleh obat-obatan termasuk suntik insulin untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Harga obat dipasaran biasanya antara 1-2 juta perbulan.
  3. Makanan khusus. Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dimakan sebagai pengganti pantangan beberapa macam makanan, normalnya pasien menghabiskan biaya sekita 950.000 perbulan.
  4. Biaya Untuk amputansi berkisar antara 130–150 juta rupiah, tergantung kepada tingat kesulitan dan lama waktu pengangkatan. Kaki yang akan diamputansi biasanya sudah benar-benar buruk, sarafnya tidak bekerja, peredaran darahnya rusak.
  5. Biaya pasca amputasi adalah cuci darah. Cuci darah ini memerlukan biaya 50-60 juta pertahun.
  6. Biaya operasi akibat implikasi dari luka diabetes. Salah satunya adalah operasi katarak sebesar 10-20 juta, operasi stroke 40-50 juta, perbaikan akibat serangan jantung 60-80 juta.

Alasan mengapa biaya operasi amputasi kaki akibat luka diabetes sangat mahal adalah karena harus melibatkan banyak dokter dan peralatan yang digunakan juga harus yang benar-benar canggih. Tidak semua dokter dan rumah sakit sanggup untuk melakukan amputasi ini.

Diantara dokter yang akan terlibat dengan operasi ini diantaranya adalah dokter ahli endokrnologi yang sudah ahli dalam menangani diabetes dan gangguan hormon, seorang terapis fisik, terapis fisik ini akan membantu mendapatkan kekuatan pasca operasi amputasi. Juga untuk membantu mengajari pasien mendapatkan keseimbangan koordinasi, cara menggunakan alat bantu gerak seperti kaki palsu dan kursi roda. Terapis okupsi untuk mengajarkan anda menggunakan produk adaptif, dan yang terakhiradalah doker mental seperti psikolog dan psikiater, makanya sebelum dan sesudah pasien diamputasi akan didampingi oleh seorang dokter untuk mendengarkan cerita dan keluhan anda.

Penyebab lain kaki diamputasi adalah karena tingginya kortikosteroid, terjadinya obesitas, pengaruh genetik, banyaknya racun, rusaknya saraf dan lukanya yang sudah cukup parah. Penyakit diabetes bukanlah penyakit murah, butuh uang yang banyak. Untuk itu alangkah baiknya sedini mungkin untuk melakukan perawatan dan pencegahan agar tidak sampai parah dan melakukan amputansi.