Anjuran Penderita Luka Diabetes Pola Makan dan Kebiasaan

Anjuran Penderita Luka Diabetes - Akudiabetes.co,- Agar luka yang timbul akibat diabetes, ada beberapa anjuran yang biasanya dokter sarankankan untuk dilakukan pasien setiap harinya, anjuran ini bersifat fleksiel artinya bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja, namun dengan catatan, semakin sering semakin baik. Misalnya dengan mengganti asupan makanan, mengatur pola hidup, dan membersihkan luka dengan cara yang khusus.

anjuran penderita diabetes

Anjuran Penderita Luka Diabetes

Anjuran yang pertama adalah dengan mengganti pola makan. Jika biasanya mengkonsumsi nasi putih dalam jumlah besar, maka sekarang harus di berhentikan, coba beralih ke beras merah. Karena beras merah lebih baik ketimbang nasi putih, selain itu rajinlah makan oatmeal, roti gandum, meskipun rasanya kurang begitu enak, namun anda bisa menambah rasa dengan kacang-kacangan, buncis, biji remai dan beberapa jenis ikan yang mengandung omega-3 tinggi seperti ikan patin, salmon, ikan tuna dan ikan hering. Jenis ikan ini sangat bagus untuk merangsang saraf hipotalamus, agar nantinya bisa menghasilkan insulin yang berkualitas.

Anjuran lainnya adalah dengan melakukan perawatan terhadap luka diabetes. Luka diabetes sulit sekali sembuh, umumnya memerlukan waktu lebih dari satu tahun untuk sembuh, itu juga jika pasien cepat melakukan pengobatan dan tidak memiliki pola hidup yang buruk.

Melakukan pembersihan 6 jam sekali dengan cairan infus atau yang sudah di kasih anteptik dapat mempercepat luka mengering dan sembuh. Apalagi ketika akan tidur, usahakan sebelum tidur luka sudah di bersihkan. Dan sudah ditutup dengan kain kassa sembari di balut dengan plester secara rapih, untuk menghindari nanah atau abes berceceran ketika kita tidak dalam posisi sadar nanti.

Jika luka terasa sakit atau gatal jangan buruan di garuk, tapi di kompress lebih efektif. Jika di garuk akan menyebabkan luka baru bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mentransfer kuman dari tangan ataupun memindahkan bakteri dari bagian yang sakit ke bagian yang sehat. Bakteri pada luka diabetes sangat cepat perkembang biakannya, makanya jangan heran jika populasinya terbanyak dibandingkan dengan populasi bekas luka biasa.

Air yang digunakan untuk membersihkan usahakan dalam keadaan hangat dan sudah dikasih cairan antiseptik. Lebih bagus kagi jika air yang digunakan adalah air infus, namun untuk masyarakat biasa ini terlalu mahal, maka bisa dengan menggunakan obat tradisional dan air hangat. Hasil bilasan dari luka diabetes tadi usahakan langsung menyerap kepada tanah. Jangan biarkan menampung dan jauhkan dari anak-anak.

Luka diabetes biasanya menimbulkan bau dan membuat jijik bagi yang melihat, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan beberapa cairan alami yang tersedia diapotik untuk menghilangkan bau, dan rutinlah untuk menutup luka tersebut dengan kaus kaki (setelah di balut pastinya), namun perlu diingat kaus kakinya harus diganti tiap harinya, maksimal 2x sehari. Sebab jika tidak kuman yang dari luka tersebut bisa menyebar melalui kaus kaki.

Anjuran terakhir, teruslah berdo’a dan berdzikir kepada Alloh S.W.T, Insya Alloh pasti disembuhkan.