Anjuran Penderita Diabetes Yang Harus Dilakukan

Anjuran Penderita Diabetes - Akudiabetes.com,- Salah satu penyakit yang sangat di takuti masyarakat Indonesia adalah diabetes, sebab penyakit ini tidak bisa sembuh dengan cepat seperti jika terkena bisul atau cacar. Bahkan kebanyakan pasiennya tidak bisa sembuh sampai ajal menjemput. Untuk itu anda harus memperhatikan pantangan dan anjuran bagi penderita luka diabetes khsusunya diabetes mellitus.

anjuran penderita diabetes

Anjuran Penderita Diabetes Perawatan dan Pola Makan

Faktor utama penyakit diabetes adalah karena faktor produksi dan atau malfungsinya kinerja insulin. Oleh sebab itu ketika anda sudah mendapatkan luka berarti tandanya kondisi kadar gula anda sudah buruk dan harus segera mengatur pola asupan makan. Berikut makanan yang di anjurkan untuk para penderita luka diabetes, diantaranya adalah:

  1. Beras Merah. Beras merah mengandung serat yang banyak namun kadar karbohidratnya rendah. Sehingga ketika dikonsumsi gula yang dihasilkan dari beras tidak begitu tinggi. Hal ini sangat baik untuk meminimalisir jumlah kadar gula yang menumpuk di dalamd darah. . Selain itu energi yang dihasilkan juga jauh lebih baik jika di bandingkan dengan nasi biasa meskipun rasanya kurang begitu enak. Namun melihat khasiatnya anda harus terbiasa untuk makan beras merah.
  2. Oatmeal, nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah agar bisa seimbang dan tetap dalam keadaan normal. Pada awal makan rasa oatmeal akan sangat terasa tidak enak. Namun jika sudah terbiasa akan terasa enak dengan sendirinya.
  3. Roti Gandum. Jika makan pasien penderita diabetes sudah di gram, biasanya dokter menyarankan untuk berpindah makanan pokoknya dari nasi putih ke roti gandum. Makanan ini sangat kaya akan nutrisi dan serat sehingga dapat mengurangi resiko diabetes dan dapat menghambat pelepasan kadar gula dalam darah yang jauh dari batas normal.
  4. Kacang-kacangan. Kandungan omega-3 yang terdapat dalam kacang-kacangan dapat mengontrol kadar gula dalam darah sekaligus mengurangi resistensi insulin dalam tubuh pasien penderita luka diabetes.
  5. Ikan juga mengandung omega-3 seperti kacang-kacangan untuk nutrisi dalam tubuh khsusunya untuk saraf hipotalamus di otak. Selain itu kandungan yang terdapat dalam ikan juga dapat memerangi lemak jahat dan memperlancar peredaran di pembuluh darah bagian arteri. Namun, tidak semua ikan bagus. Jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, patin, tuna dan ikan hering.
  6. Serat dan kandungan dalam buncis juga mampu mengatur kadar gula dalam darah, terutama jika masaknya seperti di rebus. Baik untuk mempercepat pengeringan luka diabetes basah
  7. Biji rami. Biji rami meskipun jarang tersedia, tapi jika dikonsumsi secara rutin sangat baik untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.
  8. Menjaga Kebersihan luka dan area yang sehatnya. Terlebih lagi jika bernanah, nanah atau abes yang terkumpul sebaiknya segera di keluarkan agar jumlah bakteri dalam luka sedikit sehingga terhindar dari resiko infeksi yang mengerikan.
  9. Rutin mengganti penutup luka 3x sehari. Setelah dibersihkan dengan air hangat yang diberikan cairan antiseptik, maka lakukan penutupan luka dengan kain kassa dan di balut dengan pleseter, selain agar nanah tidak keluar berceceran, juga agar bau busuk yang kelauar tidak mengganggu lingkungan sekitar.
  10. Mengkompress luka dengan obat tradisional atau bisa juga menggunakan obat generik sesuai resep dokter, setelah itu rajinlah minum suplemen yang dapat membuat luka diabetes cepet sembuh.

Teruslah berdo’a dan berdzikir kepada Alloh S.W.T, Insya Alloh pasti disembuhkan.